Jual Plastik Uv Greenhouse - Materi Untuk Menciptakan Green House

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat green house?
Ketika akan membuat green house terkadang kita di hadapkan pada beberapa pilihan materi . Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat green house tentunya tergantung pada desain, kondisi lingkungan dan biaya yang kita punyai.

Di Indonesia greenhouse atau yang lebih dikenal dengan istilah rumah tumbuhan (kumbung) ditinjau dari bentuknya, materi bangunan dan sistem kontrolnya sangat beragam. Pada kenyataannya pembangunan greenhouse belum sepenuhnya diadaptasi dengan iklim di kawasan di bangunnya greenhouse. Sehingga cita-cita terpenuhinya kuantitas, kualitas dan kontinyuitas produksi belum optimal. 


Namun intinya materi bahan yang sanggup di gunakan untuk membuat green house itu ialah sebagai berikut :

Kerangka Green House
Kerangka green house sanggup di buat dari banyak sekali material, ibarat :
 1. Bambu
Bambu banyak di temui di sekitar kita harganyapun terbilang murah. Tapi dari segi kekutan bambu sangatlah kurang. Kecuali itu simpel lapuk dan keropos oleh rayap. Bambu cocok untuk green house yang bersifat temporary.

 2. Kayu
Kayu lebih berpengaruh dari pada bambu walaupun kayu tertentu justru lebih simpel lapuk dan keropos. Kayu yang baik untuk kerangka green house antara lain kayu jati dan kayu ulin, namun kedua kayu ini mahal harganya dan susah di dapat. Jika memakai kayu yang simpel keropos di sarankan terlebih dahulu di olesi / disemprot dengan larutan pestisida anti rayap.

 3. Besi/baja ringan tahan karat
Green house yang di bangkit untuk keperluan jangka panjang sebaiknya memakai kerangka dari materi pipa besi atau baja ringan anti karat (BRC). Dengan materi besi ini di jamin lebih berpengaruh terhadap terpaan angin dan perubahan cuaca.

Penutup Green House
Pada dasarnya material epilog green hause ialah dari materi yang tembus cahaya matahari, mengingat semua jenis tumbuhan tidak sanggup hidup tanpa cahaya mathari. Cahaya yang di butuhkan tanman rata-rata dengan panjang gelombang sekitar 400 – 700 nanometer (Photosynthetically Active Radiation)

Material epilog green house yang tembus cahaya tersebut sanggup berbahan dari beling maupun plastik. Namun untuk penggunaan beling tidak banyak digunakan alasannya sifatnya yang simpel pecah dan pemasangannya perlu biaya yang tinggi. 

Beberapa tipe plastik yang biasa digunakan sebagai epilog green house antara lain :
1.  Acrylic
Acrylic sangat tahan terhadap perubahan cuaca , tahan pecah serta sangat transparan. Penyerapan sinar ultra violet yang berasal dari matahari lebih tinggi dibandingkan dengan materi yang terbuat dari kaca. Penggunaan acrylic sebanyak dua lapis bisa menghantarkan sekitar 83 % cahaya dan mengurangi kehilangan panas sekitar 20-40% dibandingkan penggunaan 1 lapis. Bahan ini tidak akan menguning walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Namun kekurangan dari materi acrylic ialah : simpel terbakar,sangat mahal, dan sangat simpel tergores/tidak tahan gores.

2. Polycarbonate
Polycarbonate mempunyai ciri-ciri : lebih tahan, lebih fleksibel, lebih tipis, serta lebih murah dibandingkan acrylic. Penggunaan dua lapis polycarbonate bisa menghantarkan cahaya sekitar 75-80 % dan mengurangi kehilangan panas sekitar 40% dibandingkan satu lapis. Namun materi ini sangat simpel tergores, simpel memuai, simpel menguning, dan akan membuat lapisan kurang transparan dalam waktu satu tahun (meskipun sekarang hadir jenis gres yang tidak cepat menguning).

3. Fiberglass Reinforced Polyester
Bahan ini mempunyai sifat-sifat : lebih tahan lama, penampilannya menarik, harganya terjangkau dibandingkan kaca, serta FRP ini lebih tahan dampak perubahan cuaca. Bahan plastik ini simpel sekali dibuat menjadi bentuk bergelombang maupun berupa lempengan. Meskipun demikian kekurangannya ialah materi ini simpel memuai.

4. Polyethylene film
Bahan ini sangat murah dibandingkan dengan materi lainnya namun sifatnya hanya sementara (kurang tahan lama), bentuknya kurang menarik, serta membutuhkan penanganan maupun perawatan yang lebih intensif . Selain itu, materi ini juga simpel sekali rusak oleh sengatan cahaya matahari, walaupun bisa bertahan minimal 1 – 2 tahun dengan perawatan lebih intensif. Dikarenakan materi ini berupa lembaran lebar sehingga tidak membutuhkan kerangka yang lebih banyak dan bisa menghantarkan cahaya paling besar.

5. Polyvinyl cholride film
Bahan ini mempunyai sifat penghantar emisi yang sangat besar untuk cahaya dengan panjang gelombang yang besar, dimana materi ini bisa membuat temperatur udara yang cukup tinggi pada malam hari dan bisa berfungsi sebagai penghalang sinar ultra violet. Bahan ini lebih mahal dibandingkan polyethylene film dan cenderung simpel kotor, yang mana harus terus dilakukan pencucian semoga didapatkan penghantaran cahaya yang lebih baik.


Bahan/Peralatan Pendukung
Selain materi utama dalam pembangunan green house, di perlukan juga peralatan pendukung ibarat :

1. Alat pengukur suhu
Alat pengukur suhu ibarat thermometer di gunakan untuk mengukur dan memonitor suhu ruangan green house,  agar sanggup di capai suhu yang dinginkan.

2. Alat pengukur Kelembaban
Alat pengukur kelembaban baisa di gunakan higrometer dibutuhkan untu mengetahui kelembaban udara di dalam green house, apakah sudah sesuai ibarat yang dikehendaki tumbuhan yang ada di dalamya.


      
Alat pengukur cahaya matahari 
3. Alat Pengukur Cahaya Matahari

Beberapa tumbuhan menghendaki intensitas cahaya matahari yang sedikit atau tumbuhan setengah teduh sehingga alat pengukur caahaya matahari di perlukan untuk mengetahui efektifitas epilog green house menyaring kebutuhan sinar matahari.










4. Alat untuk penyiraman
Alat penyiraman tumbuhan ibarat gembor, selang, springkle, pipa PVC dan pompa air listrik digunakan untuk penyiraman tumbuhan secara parsial atua masal guna memenuhi kebutuhan air bagi tanaman.








Penyemprot hama
5.  Alat Penyemprot Pestisida
Walupun kondisi tumbuhan telah terlindung di dalam green house, tetapi kemungkinan serangan hama bisa saja terjadi. Untuk itu peralatan penyemprotan hama perlu disiapkan semoga jikalau ada serangan hama sewaktu waktu sanggup diatasi dengan cepat.






Pemilihan materi dan peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan green house sanggup disesuakan dengan kondisi lingkungan sekitar, biaya yang tersedia dan kondisi lingkungan yang dikehendaki di dalam green house. 

*** Sumber: http://www.gemaperta.com

Kita Produsen dan Distributor Plastik UV yang merupakan salah satu komponen dari Green House. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami:
- tlp/sms: 087702821277 | 081232584950
- Phone: 031-8830487
- Email: limcorporation2009@gmail.com


Sumber http://uvplastik123.blogspot.com

Komentar