Saatnya Menciptakan Green House Sendiri Di Rumah

Sejak tahun lalu, pada awal tahun 2014 Rusunawa Marunda, Jakarta Utara melengkapi fasilitasnya dengan green house. Di dalam greenhouse tersebut ditanam banyak sekali jenis sayuran. Tanaman yang ditanam yaitu tumbuhan hidroponik menyerupai sawi-sawian, cabai, kol, selada, dan kalian. Dibangunnya Green House tersebut pada awalnya dalam rangka memperlihatkan nilai tambah penghasilan kepada penghuni rusuna Marunda yang menginginkan bertani dengan cepat. Sebab dalam greenhouse cukup satu bulan bisa panen dan dijual ke pasar.

Terobosan tersebut ternyata menggugah masyakarkat untuk melihat kembali potensi green house ini sebagai metode bertani yang menguntungkan, lebih steril, kondusif dan cepat. Green house yaitu system atau cara bertani dengan mangatur sendiri lingkungan pertaniannya sesuai dengan dikehendakinya. Green house sering disebut juga rumah kaca. Dengan green hosue maka petani sanggup dengan gampang melaksanakan control pertanian, baik suhu, kelembapan udara, lingkungan tanam, waktu tanam, keamanan dari serangan hama, ulat dan banyak sekali serangga. Dengan pengaturan suhu sendiri, maka waktu tanam juga lebih cepat kepada masa panen.

Green House Sederhana
Saat ini muncul tren gres yang sedang popular di wilayah perumahan maupun rusunawa. Tren tersebut yaitu menciptakan green house sederhana pada di depan rumah atau di belakang rumah. Besarannya menyesuaikan dengan keberadaan tanah yang ada. Green house sederhana tersebut terinspirasi dari apa yang dilakukan Joko Widodo ketika menjadi gubernur Jakarta pada tahun 2014, yakni menciptakan green house di rusunawa Marunda, Jakarta Utara.

Green house tersebut difungsikan untuk memperlihatkan lapangan pekerjaan bagi penghuni rusunawa. Dengan green house Marunda, para penghuni rusunawa melaksanakan aktifitas pertanian dengan bimbingan dan pengawasan Dinas Kelautan dan Pertanian Jakarta.

Dari Marunda tersebut, sekarang banyak orang menciptakan green house sederhana  untuk penunjang hobi ataupun dalam rangka kegiatan ekonomi kecil-kecilan. Disebut kecila-kecilan alasannya memang green house yang dibentuk tidak selebar pertanian menyerupai kebun dan sawah pada umumnya. Sering green house tersebut dipakai untuk pekerjaan sampingan sekaligus hiburan orang-orang kota. Sebab memang seacara alamiah tumbuhan bisa menyerap racun, memperlihatkan kesegaran, kebugaran dan juga keindahan bagi yang merawatnya.
* Dalam membangun green house diharapkan plastik UV (ultra violet). Untuk kebutuhan plastik UV green house silahkan hubungi kami sms/call: 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Info selengkapnya perihal plastik uv green house klik disini.

Keunggulan Green House
Dipilihnya green house sederhana oleh banyak orang perkotaan untuk bertani, sekedar menyalurkan hobi, refreshing atau menambah penghasilan dikarenakan green house mempunyai keunggulan yang jauh lebih baik dari pada pertanian konvensional, apalagi untuk wilayah perkotaan. Beberapa keunggulan dari green house tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Green House Nyaman Mulai dari Pembibitan, Perawatan Hingga Panen
2. Green house memungkinkan petani melaksanakan kerja yang efektif dan efisien Karena sanggup mengatur sendiri suhu, kelembapan udara, penyiraman otomatis, kebersihan, dan juga potensi kontaminasi dari banyak sekali penyakit, hama dan binatang yang mengganggu. Efektifitas tersebut sangat memudahkan mulai dari pembibitan sampai masa panen.
3. Green House Sebagai karantina
4. Dengan green house segala penyakit tanaman, ulat dan serangga tidak bisa masuk dan mengganggu proses pertanian.
5. Green House Cocok Untuk Budidaya Tanaman Spesifik
6. Green hosue memudahkan manipulasi penanaman tumbuhan tertentu,s esuai dengan yang diinginkan. Green hosue tidak akan memunculkan ilalang atau tumbuhan liar lain yang mengganggu, sehingga pertanian bisa sangat focus dan lebih efisien waktu.
7. Green House Sebagai Sarana Refreshing.

Keunggulan lain green house alasannya keberadaannya sungguh sangat memperlihatkan kenyamanan, menetralisir racun tubuh, memperlihatkan ketenangan dan keteduhan bagi yang merawat atau melihatnya. Hal ini memperlihatkan nilai tambah “manusiawi” segnifikan semakin menarik dan popularnya Membuat Green House Sendiri di Rumah.
*Baca juga Cara Membuat Green House Sederhana.

Komentar