Mengapa Plastik Ultraviolet (Uv) Dipakai Sebagai Atap Greenhouse?

Pernahkah anda mendengar istilah “Greenhouse”? Bila pernah, sudahkah anda mendengar istilah “atap rumah tanaman”? Greenhouse merupakan sebuah bangunan yang dirancang sebagai “rumah” untuk tumbuhan dengan tujuan melindungi tumbuhan supaya hasil panen sanggup berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan. Plastic ultraviolet merupakan plastic yang sering dipakai untuk atap greenhouse, alasannya ialah kemampuannya mencegah radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan untuk tanaman, sehingga sanggup melindungi tumbuhan supaya sanggup berkembang dengan baik.

Greenhouse berkaitan akrab dengan plastic ultraviolet, alasannya ialah itu dalam merancang sebuah greenhouse ada baiknya sesudah rancangan greenhouse yang anda inginkan selesai, anda merencanakan ukuran plastic uv yang anda butuhkan sebagai “atap rumah tanaman” anda. Oleh alasannya ialah itu, anda perlu mengetahui kawasan jual plastic uv greenhouse, ukuran plastic uv, harga plastic uv greenhouse, beserta pabrik plastic uv greenhouse sehingga harga yang didapatkan bisa lebih terjangkau dibandingkan yang lain.

Tapi tahukah anda, mengapa diharapkan plastic uv sebagai atap untuk greenhouse? Sinar ultraviolet yang didapatkan dari sinar matahari bahu-membahu bermanfaat untuk kelangsungan hidup tanaman, diantaranya membantu proses fotosintesis yang bertujuan sebagai pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan menghasilkan cadangam masakan untuk tanaman. Sehingga sinar ultraviolet bahu-membahu mempunyai tugas penting dalam pertumbuhan tanaman, tetapi alasannya ialah terjadi lubang pada lapisan ozon sehingga mengakibatkan sinar ultraviolet yang diterima oleh bumi tidak sanggup disaring dengan baiak atua berakibat radiasi yang diterima menjadi berlebihan khususnya radiasi sinar ultraviolet B.

Kelebihan dari sinar ultraviolet B yang diteima oleh bumi ini sanggup menimbulkan pertumbuhan tumbuhan menjadi tidak tepat atau terganggu, muncul penyakit pada tanaman, dan terjadi pertumbuhan abnormal, sehingga hasil panen menurun, tidak maksimal dan hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diinginkan, dengan kata lain mengalami gagal panen yang menimbulkan kerugian para petani atau mereka yang menanam tumbuhan menjadi rugi alasannya ialah hasil panen tidak sesuai harapan.

Berdasarkan kaitan kelebihan sinar ultraviolet dengan pertumbuhan tumbuhan yang tidak maksimal sehingga sanggup mengakibatkan problem pada hasil panen, sehingga para jago pertanian membuat sebuah system “rumah tanaman” atau yang lebih familiar dikenal dengan “Greenhouse”. Dengan membuat Greenhouse, sebuah rumah untuk tanaman, memperlihatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanam di lahan terbuka.

Selain itu, tumbuhan sanggup dipantau dan dikontrol dengan baik, dan meminimalisir kerusakan akhir hama dan cuaca buruk. Namun, system greenhouse ini meski belum banyak diterapkan di Indonesia, tetapi bisa menjadi system pertanian yang lebih baik untuk pertumbuhan tumbuhan yang dipakai untuk riset atau tumbuhan hias. Hasil panen yang diperoleh lebih akurat dan minimal terdapat problem sehingga kerugian panen relative kecil dibandingkan tumbuhan di lahan terbuka.

Selain memakai greenhouse untuk mendapat hasil panen yang lebih baik, juga dipakai plastic ultraviolet sebagai atap greenhouse yang akan memebrikan dukungan untuk tumbuhan dari kelebihan radiasi sinar ultraviolet, sehingga sinar yang diterima oleh tumbuhan sanggup sesuai dengan kebutuhan sinar yang diharapkan untuk membuat fotosintesis. Tnaman sanggup berkembang dengan baik juga hasil panen sanggup maksimal.

Bila anda, ingin membuat sebuah greenhouse sebagai “rumah” untuk tumbuhan anda, anda sanggup mulai merancang greenhouse yang minimalis dan sederhana dengan “mencoba” beberapa tumbuhan yang akan dibudidayakan, kemudia menyiapkan perlatan dan perlengkapan ibarat pengatur suhu, plastic uv untuk atap, dsb. Setelah itu, anda sanggup membangun greenhouse anda dan mulai merawat tumbuhan anda di dalam “rumah tanaman” pribadi anda sendiri dan lalu menikmati hasil panen dari tumbuhan anda dengan puas dan bangga. Jadi, selamat mencoba!
Baca juga Manfaat Penggunaan Plastik UV Greenhouse.

Komentar