Greenhouse Untuk Anggrek

Anggrek, siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Anggrek merupakan tumbuhan hias yang mempunyai bunga indah bernilai hemat tinggi. Nilai hemat yang tinggi sanggup terlihat dari harga jual tumbuhan anggrek yang cukup tinggi dan menguras kantong. Lantas mengapa tumbuhan anggrek berdaya jual tinggi? Tanaman anggrek atau lebih lazim disebut dengan bunga anggrek mahal bukan hanya dari segi estetikan atau keindahannya saja. Tanaman bunga anggrek ini mahal lantaran tumbuhan ini sulit tumbuh dan gampang sekali mati. Tanaman anggrek memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai dan optimal untuk pertumbuhannya.

Tanaman anggrek  juga sangat rentan atau sensitif terhadap sinar matahari dan hawa panas. Tanaman ini dihentikan terkena cahaya matahari dan suhu panas berlebihan. Kebutuhan cahaya matahari tumbuhan anggrek sekitar 60-70 %, apabila lebih dari itu tumbuhan anggrek akan layu lalu mati secara perlahan. Oleh lantaran itulah tumbuhan anggrek sulit untuk dibudidayakan.

Namun anda tak perlu khawatir lantaran sekarang telah hadir solusi untuk duduk kasus tersebut. Bila tumbuhan anggrek memerlukan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhannya maka greenhouse ialah solusinya. Karena dengan budidaya anggrek didalam greenhouse maka lingkungan didalam greenhouse sanggup dimanipulasi sesuai dengan lingkungan yang disukai tumbuhan anggrek sehingga tumbuhan anggrek sanggup tumbuh dengan baik. Penyesuain lingkungan ini akan lebih gampang dilakukan didalam greenhouse dari pada diluar greenhouse atau dialam terbuka. Karena cakupan wilayah greenhouse lebih sempit kalau dibandingkan dengan alam terbuka.

Untuk menciptakan lingkungan yang sesuai atau optimum untuk pertumbuhan tumbuhan anggrek, anda harus mempertimbangkan material atau materi yang akan anda gunakan dalam pembuatan greenhouse. Karena kebutuhan cahaya tumbuhan anggrek berkisar antara 60-70% maka materi atau material beling kurang cocok untuk pembuatan greenhouse anda. Sebaiknya anda memakai materi atau material yang bisa menahan radiasi sinar matahari yang berlebihan.

Salah satu materi yang sanggup anda coba untuk pembuatan greenhouse tumbuhan anggrek ialah plastik UV atau plastik ultra violet. Plastik ultra violet greenhouse merupakan plastik yang dirancang khusus dengan teknologi UV stabilizer didalamnya. Plastik ini bisa menahan sinar matahari atau radiasi gelombang ultra violet. Penggunaan plastik UV atau plastik utra violet pada greenhouse pada umumnya dibagian atap. Karena penggunaan plastik UV pada atap greenhouse akan memperlihatkan santunan pada tumbuhan anggrek, jadi tumbuhan anggrek tidak akan mengalami koneksi pribadi dengan sinar matahari. Tidak cukup hingga disitu saja penggunaan plastik UV pada atap greenhouse juga memperlihatkan santunan terhadap huja. Makara tumbuhan ini tidak akan patah, ruska maupun wangi akhir terkena hujan yang lebat.

Bila anda ingin memakai plastik UV pada atap greenhouse anda sebaiknya anda memakai kerangka greenhouse dari material kayu atau bambu, lantaran pemasangan plastik UV akan lebih gampang kalau material kerangka greenhouse terbuat dari kayu atau bambu. Untuk bab dinding greenhouse, anda sanggup memakai paranet. Paranet merupakan material yang dianyam menyeruapi jaring. Paranet sangat umum dipakai dalam pembuatan greenhouse maupun rumah naungan. Apabila anda mengkombinasikan plastik UV dengan paranet maka sinar matahari dan hawa panas akan lebih sedikit yang masuk kedalam greenhouse lantaran plastik UV akan menahan sinar matahari yang berlebihan dari bab vertikal atau atap.

Sementara itu paranet akan menahan sinar matahari berlebih dari arah horizontal serta memperlihatkan sirkulasi udara didalam greenhouse dari lubang-lubang anyaman yang terdapat di paranet sehingga temperatur didalam greenhouse akan relatif rendah dan stabil. Keuntungan lain dari pengkombinasian plastik UV dengan paranet ialah masa pake atap dari plastik UV akan lebih usang lantaran fluktuasi panas dan hambar tidak besar.
Baca Juga Mengapa harus memakai plastik UV?

Komentar