Penggunaan Plastik Uv Untuk Penjemuran Hasil Panen Dan Industri Watu Bata, Genteng, Dll.

Diguyur hujan beberapa hari belakangan ini, produsen kerikil bata mengalami penurunan produksi. Produsen kerikil bata merah menjemur kerikil bata merah dengan ditutupi plastik biar bentuk tetaplah utuh ketika hujan. Seperti ketika ini sebagian besar pulau Jawa sering diguyur hujan meski tengah animo kemarau. Fenomena alam yang sulit diprediksikan ini memaksa kita untuk memikirkan bagaimana produksi dan system pengeringan tetaplah jalan walaupun tengah hujan. Karena banyak pelaku UKM yang tidak bermodal besar, untuk system penjemuran dan pengeringan masih tetap menggunakan sinar matahari. mereka banyak yang belum dapat beli peralatan mesin pengering.

Tempat Kabupaten Rembang yang demikian hari belakangan ini sering diguyur hujan buat beberapa pengusaha kalang kabut atas momen itu. Satu di antara satu diantaranya yakni produsen kerikil bata merah yang mengaku produksinya alami penurunan akhir intensitas hujan yg tak menentu ini.

Satu di antara pengusaha produsen kerikil bata merah di dsn. Pereng Desa Jeruk, Kec. Pancur, Pak Juwadi, mengaku usahanya dalam produksi kerikil bata merah demikian hari terakhir ini mengalami penurunan. Ia mengaku, penurunan produksi ini disebabkan intensitas hujan yang turun belakangan ini tidak menentu. Ia menjelaskan, apabila cuaca panas jumlah kerikil bata yang dapat diproduksi dapat mencapai 1000 kerikil bata/harinya. Namun, lantaran keadaan hari belakangan ini cuaca di wilayahnya cenderung hujan, hingga system produksi jadi terhambat. Belakangan ini, ia hanya dapat menghasilkan kerikil bata merah hanya 500 hingga 700 keping kerikil bata.

Memang tidak ada tuntutan dalam pembuatan kerikil bata merah itu, namun Juwadi mengaku hasil produksinya mengalami penurunan. Apabila cuaca panas hanya butuh dua hari untuk system pengeringan kerikil bata merah, namun pada cuaca tinggi curah hujan ibarat ini dapat hingga 1 ahad dalam proses pengeringan itu. Ada cara mengakalinya, apabila turun hujan untuk kerikil bata merah yang sudah jadi tersebut ditutup plastik bening dalam system pembatuan biar dalam pembuatan kerikil bata merah tidak rusak bentuknya, walaupun kualitasnya sendiri berbeda dengan system umum.

Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Atap & Alas Penjemuran/Pengeringan
Solusi yang paling pas untuk proses pengeringan di ketika cuaca tidak menentu ialah dengan menggunakan plastik UV. Kenapa menggunakan plastik UV, bukan plastik bening biasa? Karena plastik UV memang sudah didesain pemakaiannya untuk atap greenhouse, mengandung materi kimia tertentu yang menciptakan plastik ini tetap awet, tidak gampang rusak oleh perubahan cuaca panas maupun hujan. Dan plastik UV mempunyai ketebalan 200 mikron (0,20) jadi lebih tebal dan berpengaruh dibanding plastik biasa. Kalau menggunakan plastik bening biasa dikuatirkan akan gampang robek, membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar.

Plastik UV dapat digunakan untuk atap dalam proses pengeringan hasil panen seperti: padi, kedelai, jagung, kopi, teh, kakao, ikan, dll. Pun juga dapat dipakai untuk pengeringan pada isdustri kerikil bata, genteng, batako, paving, dll. Kami menjual plastik UV dengan kandungan UV protektor 6% dan 14%. Biasanya kalau untuk green house menggunakan kandungan UV yang 14%. Sedangkan untuk proses penjemuran dan pengeringan sebaiknya menggunakan kandungan UV yang 6%. Semakin besar kandungan UV protektor maka plastik akan semakin buram (gelap). Ukuran plastik UV: lebar 300cm, panjang 100m, tebal 200 mikron (0,20), berat sekitar 55-56kg per roll. warna bening agak buram ibarat putih susu tapi lebih terang. Dengan dipayungi atap dari plastik uv maka tidak repot lagi kalau tiba-tiba hujan turun, tidak repot-repot harus memberekan jemuran.

Sedangkan plastik UV juga banyak digunakan untuk bantalan penjemuran, tujuannya biar sinar matahari yang masuk dapat dipantulkan lagi, sehingga proses pengeringan dari potongan bawah juga berlangsung, sehingga lebih cepat kering. Lebih maksimal kalau barang yang dijemur tidak pribadi bersentuhan dengan lantai, tapi diletakkan di atas bidak-bidak, sebelumnya bidak potongan atas dilapisi dulu dengan plastik UV.

Jika Anda membutuhkan plastik UV untuk isu harga dan cara pemesanan silahkan hubungi kami SMS/Call/WA : 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Semua nomor aktif, jadi hubungi salah satu nomor saja, call dan WA hanya dilayani pada jam kerja pkl. 08.15-16.00 WIB. Diluar jam kerja hanya dilayani SMS. Hari Minggu dan hari besar tutup.
* Baca juga Mengapa Harus menggunakan Plastik UV Greenhouse?

Komentar